Selamat datang di blog kami semoga menambah pengetahuan anda

Jumat, 08 Juli 2011

TOPOGRAFI DI SEKITAR TAPAK PLTN

RINGKASAN
Seluruh PLTN yang ada di Jepang terletak di sepanjang pantai. Hal ini disebabkan pendinginan akhir PLTN dapat memanfaatkan air laut, dan di samping itu ada keuntungan lain, bahwa di sisi laut tidak terdapat pemukiman penduduk. Walaupun demikian, pada kenyataannya daerah pantai tidak selalu berupa dataran, sehingga tidak jarang PLTN dibangun di daerah bukit atau pegunungan yang keras yang ada di sepanjang pantai.

URAIAN
Hingga bulan Desember tahun 1999, di Jepang terdapat 52 buah PLTN dengan kontribusi daya 45.082 GW, dan energi 307.523,34 GWh. Pada tahun 1998, PLTN memberikan kontribusi listrik lebih kurang 35 % dari total generasi listrik di negara Jepang. Di Jepang, seluruhnya terdapat 25 lokasi tapak untuk PLTN, termasuk 5 lokasi yang di dalamnya sedang dibangun PLTN (PLTN Onagawa milik Tohoku Electric Power Company, PLTN Hamaoka milik Chubu Electric Power Company, PLTN Shiga milik Hokuriku Electric Power Company, dan PLTN Monju milik JNC yang sedang berhenti operasi), maupun 19 lokasi tapak yang masih dalam tahap perencanaan pembangunan. Distribusi tapak lokasi PLTN di Jepang ditunjukkan pada Gambar 1, sedangkan Tabel 1-1, 1-2 dan 1-3 menunjukkan rangkuman lokasi tapak PLTN di Jepang, baik yang sedang dalam pembangunan maupun yang sudah dioperasikan.
Dengan tujuan untuk kemudahan dalam mendapatkan air laut sebagai medium pendingin serta terisolasi (berjarak cukup) dari pemukiman, maka seluruh PLTN di Jepang terletak pada lokasi di sepanjang pantai (lihat Gambar 2 dan Gambar 3). Selain pertimbangan terhadap kebutuhan pendingin dan isolasi terhadap pemukiman penduduk, dalam penetapan lokasi tapak PLTN juga dipertimbangan kondisi gempa bumi dengan cara mempelajari sejarah gempa bumi yang pernah terjadi pada suatu lokasi, survei kualitas dan stabilitas lapisan tanah serta patahan lapisan tanah penopang tapak PLTN. Gambar 4 menunjukkan distribusi lokasi patahan tanah di Jepang.

TABEL DAN GAMBAR

Tidak ada komentar:

Posting Komentar