Selamat datang di blog kami semoga menambah pengetahuan anda

Jumat, 15 Juli 2011

Progress Litbang reaktor maju (2)

RAKOR IFAR 2011: BATAN (PTRKN, PTAPB, PTBN), ITB, UGM, dan RISTEK
Forum teknologi reaktor maju Indonesia (Indonesian Forum for Advanced Reactors, IFAR) pada tanggal 19-20 April 2011 menyelenggarakan rapat koordinasi untuk membahas status dan kelanjutan litbang reaktor maju generasi ke-4 di Indonesia. Rapat koordinasi IFAR 2011 diikuti oleh wakil dari institusi di lingkungan BATAN (PTRKN, PTAPB dan PTBN), wakil dari perguruan tinggi (Teknik Fisika UGM, dan MIPA-ITB) dan wakil dari staf Deputi Menristek bidang Jaringan Iptek. Tema pertemuan kali ini adalah “Status dan Perencanaan Litbang Reaktor Generasi IV di Indonesia”.
Gambar Peserta rakor IFAR 2011: PTRKN, PTAPB, PTBN, ITB, UGM, RISTEK
Masing-masing perwakilan yang hadir dalam rakor IFAR ini adalah pihak yang terkait langsung dengan litbang reaktor generasi IV tipe VHTR, LFR, MSR, dan tema IFAR kali ini. Dr. Andang Widiharto dari UGM melaporkan status dan rencana litbang MSR dan perkembangan desain IMSR, Dr. Zaki Su’ud dari ITB melaporkan litbang reaktor generasi IV di ITB dan perkembangan desain reaktor SPINNOR. Status dan rencana litbang Reaktor Gas Temperatur Tinggi (RGTT) di BATAN dilaporkan oleh wakil dari PTAPB, PTBN dan PTRKN. Pada saat ini PTAPB sedang mengembangkan perangkat pabrikasi partikel bahan bakar TRISO skala laboratorium. Perangkat pabrikasi kernel bahan bakar telah dibuat dan menunjukkan kinerja yang baik, sedangkan perangkat pelapisan kernel untuk menjadi partikel TRISO masih dalam tahap pemodelan dan pengerjaan. PTBN akan menguji partikel TRISO serta bahan bakar yang dibuat PTAPB dan kemudian dilanjutkan dengan scale-up perangkat pabrikasi bahan bakar dari skala laboratorium menjadi prototipe. Perkembangan dan perencanaan desain konseptual reaktor daya maju kogenerasi berbasis reaktor gas temperatur tinggi (RGTT200K) dilaporkan oleh wakil dari PTRKN.
Dari rakor ini dihasilkan kesepakatan bahwa dalam forum ini, selain litbang VHTR, LFR dan MSR, akan dibahas beberapa litbang tambahan terkait dengan analisis keselamatan LWR terhadap kecelakaan Fukushima dan beberapa reaktor maju lainnya seperti reaktor hyperion, TWR dan lain sebagainya. Untuk menunjang litbang reaktor maju di Indonesia, telah pula disepakati beberapa konsep kerma yang akan diajukan ke Menristek melalui Deputi bidang jaringan Iptek. Litbang RGTT dan LWR safety improvement akan diajukan sebagai kerma regional di ASEAN melalui kerma Technical Working Group on Nuclear Power Plant (TWG-NPP), dan litbang HTGR akan diajukan untuk kerma antara Indonesia dan China (Tsinghua University). Dalam waktu dekat usulan kerma internasional tersebut akan dibahas lebih lanjut oleh Ristek (Deputi bidang jaringan Iptek), sebelum diajukan ke sekretariat ASEAN dan Kementrian Sains dan Teknologi China (MOST-China).
Sumber : Pusat Teknologi Reaktor dan Keselamatan Nuklir

Tidak ada komentar:

Posting Komentar